Home » » Ketidakjelasan Soal Sejarah Kota Binjai

Ketidakjelasan Soal Sejarah Kota Binjai

Written By Kota Binjai on Rabu, 16 Mei 2012 | 5/16/2012

Hari ini (17/5/2012) umur Kota Binjai sudah mencapai 140 Tahun namun sejarah Kota Binjai hingga sekarang belum juga diketahui dengan jelas apabila dilihat dari sisi kesimpangsiuran pendiri atau orang yang pertama mendirikan Kota Binjai. Oleh karena itu Wakil Walikota, Timbas Tarigan dan tiga Fraksi DPRD Kota Binjai sepakat untuk melakukan penelitian Sejarah Kota Binjai. Adapun tiga fraksi yang sekapat yaitu Fraksi Amanat Bintang Patriot, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Fraksi PDI-P.

Wakil Walikota Binjai, Timbas Tarigan bukan hanya membenarkan bahwa Sejarah Kota Binjai masih belum jelas bila dilihat dari pendiri Kota Binjai, tapi nama Kota Binjai yang berasal dari nama pohon Binjai masih belum jelas sebab masih ada beberap kalangan yang mengatakan Binjai bermakna ‘Sore Disini’. “Masih panjang cerita Sejarah Kota Binjai ini yang masih belum diketahu kejelasannya,” tegas Timbas Tarigan kepada Tribun usai Rapat Paripurna HUT Kota Binjai, Rabu (16/5/2012).

Oleh karena itu, Timbas sepakat apabila Pemerintah Kota Binjai melakukan penelitian agar generasi penerus attau pemuda – pemudi Kota Binjai mengetahui kejelasan asal muasal dan pendiri Kota Binjai. Untuk itu apabila penelitian dilakukan nantinya, Timbas berharap hasil penelitian tersebut dijadikan buku dan diseminarkan agar dapat dibaca oleh semua masyarakat Kota Binjai khususnya gerasi penerus bangsa di Kota Binjai. “Kalau ada manfaatnya tidak masalah diadakan penelitian agar para anak muda nanti menegetahui kejelasan Sejarah Kota Binjai,” kata politisi Parai PKS ini.

Bukan hanya itu, Timbas juga mengatakan sejarah Kota Binjai tentang penetapan hari jadi Kota Binjai yaitu 17 Mei 1872 membetuhkan proses pembahasan yang panjang. Maksudnya adalah Timbas berharap Sejerah Kota Binjai yang sudah diketahui juga perlu dibuka kembali agar makna perjuangan sejarah Kota Binjai masih melekat diingatan masyarakat Kota Binjai. “Tonggak sejarah itu memang perlu diketahui. Seperti hari jadi Kota Binjai perlu dibuka kembali, kenapa harus 17 Mei hari jadinya?,” terangnya.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Islam Agamaku Copyright © 2012. Kota Binjai - All Rights Reserved
Template Modify by TEAM 21